Sebelum membeli speaker aktif, tentu anda perlu mempertimbangkan beberapa hal agar speaker yang anda pilih sesuai dengan kebutuhan anda. Hal ini penting untuk diperhatikan, baik itu membeli secara offline maupun online. Bagi anda yang masih awam tentang speaker, yuk intip apa saja tips memilih speaker aktif terbaik sesuai kebutuhan anda dari bliaudio.com!

Tips Memilih Speaker Aktif Sesuai Kebutuhan

1. Mengetahui Penggunaan Daya

Memilih speaker aktif yang sesuai dengan kebutuhan tentu saja juga perlu mempertimbangkan penggunaan daya. Jangan mengacu pada penggunaan daya yang tinggi untuk memilih speaker terbaik. Daya yang tinggi bukan jaminan 100 persen bahwa speaker tersebut lebih baik daripada speaker dengan penggunaan daya yang lebih rendah.

Speaker aktif yang menggunakan daya tinggi artinya memiliki amplifier yang lebih kuat. Efek dari amplifier yang lebih kuat adalah volume suara yang semakin tinggi. Jika anda ingin memiliki speaker aktif yang memiliki volume tinggi, anda bisa memperhatikan desibel yang dihasilkannya. Jadi, tidak harus mempertimbangkan pada penggunaan daya saja.

Selain itu, anda juga perlu mempertimbangkan daya di rumah anda. Jangan sampai memilih speaker aktif terbaik dengan daya yang lebih tinggi daripada daya listrik yang ada di rumah anda. Hal itu justru akan merugikan anda sendiri karena penggunaan daya di rumah anda akan membengkak dan listrik sering mati.

2. Memilih Wattage yang Sesuai dengan Kebutuhan

Salah satu pertimbangan ketika memilih speaker aktif adalah wattage yang dimilikinya. Wattage sendiri terbagi menjadi dua, yaitu peak wattage dan RMS wattage. Peak wattage adalah daya maksimum yang dapat dihasilkan oleh power amplifier dalam waktu yang singkat.Sementara itu, RMS wattage adalah daya rata-rata power amplifier dalam waktu yang lama.

Umumnya, speaker yang paling banyak dipilih adalah yang memiliki peak wattage tinggi. akan tetapi, hal tersebut juga bukan jaminan karena anda tetap perlu menyesuaikan dengan pemakaian. Peak wattage yang tinggi akan sangat bagus untuk ruang terbuka, namun saat digunakan di dalam ruang tertutup justru akan mengganggu.

3. Mempertimbangkan Ukuran

Dalam memilih speaker aktif terbaik juga perlu mempertimbangkan ukuran dan disesuaikan dengan kebutuhan. Pasalnya, ukuran dari speaker aktif akan mempengaruhi ukuran woofer-nya. Tersedia banyak jenis ukuran speaker aktif, ada 8 inci, 10, inci, 12 inci, 15 inci, dan lain-lain.

Woofer adalah indikator seberapa rendah frekuensi yang dihasilkan oleh speaker tersebut. Semakin besar ukuran dari woofer suatu speaker aktif, maka semakin rendah pula nada bass yang akan anda peroleh. Pemilihan ini harus anda sesuaikan dengan kebutuhan terhadap speaker tersebut.

Sebelum memilih speaker yang cocok dengan anda, beberapa tips di atas bisa anda gunakan sebagai referensi. Pemilihan speaker yang tepat akan memberikan keuntungan kepada anda. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan speaker terbaik di BLIAUDIO dengan tawaran harga yang terbaik juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.