Siapa yang tidak kenal dengan olahan makanan yang satu ini? Makanan dengan sajian nasi lemak dan berbagai kombinasi sayuran lainnya yang menambah cita rasa dari nasi uduk ini. Namun, untuk membuat nasi uduk Sunda yang enak dan lezat membutuhkan teknik memasak dan penyediaan bahan-bahan yang harus diperhatikan dengan baik. Mari simak lebih lanjut mengenai resep nasi uduk Sunda pada penjelasan berikut ini!

Kenapa Disebut Nasi Uduk Sunda?

nasi yang biasa disebut dengan nasi lemak itu diubah namanya menjadi nasi uduk. Kata ‘uduk’ ini diambil dari istilah bahasa Sunda yang berarti bersatu atau bercampur. Oleh karena itu, dalam penyajiannya sering kali kita lihat nasi uduk dimakan bersama dengan lauk lain agar rasanya lebih enak dan lezat.

Di Indonesia sendiri, nasi uduk ini dikenal sebagai makanan khas Betawi yang selalu dihidangkan bersamaan dengan aneka lauk seperti semur telur, tahu, dan tempe ataupun jengkol. Nasi uduk juga bisa dikonsumsi saat sarapan pagi dan ditemui di berbagai acara hajatan.

Sejarah Nasi Uduk Sunda

Pada abad ke-14 nasi uduk datang melalui jalur transaksi perdagangan. Nasi ini dibawa dari tanah Melayu dan nasi ini berada di tanah Jawa karena masyarakat Melayu yang berada di Sumatera saat itu pindah ke tanah Jawa. Perpindahan orang Melayu ke tanah Jawa ini membawa kebiasaan-kebiasaan lain dimana salah satunya adalah menyantap nasi gurih.

Beberapa pendapat mengatakan bahwa ‘’uduk’’ berarti susah karena dulunya makanan ini sering ditemukan dipasar tradisional dan termasuk kedalam makanan kelas bawah namun seiring dengan perkembangan zaman, kuliner ini sudah berkembang pesat dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

Resep Nasi Uduk Sunda

Bahan-bahan Pembuatan Nasi Uduk Sunda

  • 300 gram beras
  • 1 lembar daun pandan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 batang serai
  • 500 ml santan
  • 1,5 cm kayu manis
  • 2 biji cengkeh
  • 1 sendok teh garam

Cara Pembuatan Nasi Uduk Sunda

1. Bersihkan beras dan masak bersama santan

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah bersihkanlah terlebih dahulu beras yang akan kamu jadikan sebagai bahan dasar nasi uduk ini dan masaklah beras bersamaan dengan santan, daun salam, serai, kayu manis, cengkeh, dan garam. Aduk-aduk sesekali dan biarkan sampai santannya menyusut kemudian angkat dan sisihkan ke wadah lain.

 

2. Masukkan daun pandan

Selanjutnya masukkanlah daun pandan kedalam air yang akan digunakan untuk mengukus lalu pasangkanlah sekat kemudian masukkan nasi yang sudah diaronkan sebelumnya. Kukuslah sampai matang selama kurang lebih sekitar 20 menit.

 

3. Setelah matang dan siap dihidangkan

Setelah nasi sudah matang maka nasi siap dihidangkan di atas piring penyajian bersama bahan pelengkap lainnya yang sesuai dengan selera dengan takaran yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menambahkan telur dadar ataupun telur bulat diatasnya agar nasi gurih ini semakin indah dan lebih kaya rasa.

Bahan-Bahan Pembuatan Nasi Uduk Sunda Aron

  • 3,5 cup beras
  • 2 batang serai
  • 6 lembar daun salam
  • 3 lembar daun pandan, remas dan simpulkan
  • 2 buah santan instan 65 ml
  • 4 buah bawang putih
  • 4 buah bawang merah
  • 1 ruas jahe
  • 3 sdt garam
  • ½ sdt kaldu

Cara Pembuatan Nasi Uduk Sunda Aron

1. Cucilah beras dan rendam sampai mekar

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mencuci beras hingga bersih dan rendam hingga 1 jam sampai beras menjadi mekar dan tiriskan airnya

 

2. Cuci bersih daun salam dan serai

Selanjutnya, cucilah hingga bersih daun salam dan serai lalu haluskan juga bawang merah, bawang putih, serai bagian putihnya. Sisa serai yang tidak dihaluskan sebaiknya digeprek untuk digunakan membuat aron.

 

3. Didihkan santan yang sudah dicampur dengan air

Selanjutnya didihkanlah santan yang sudah dicampur dengan air sesuai dengan takaran nasi bersama dengan daun salam, serai, bumbu halus, garam, dan kaldu dimana setelah mendidih masukkanlah beras sambil diaduk-aduk agar beras tidak menempel di bagian bawahnya. Setelah itu, masaklah hingga air menyusut menjadi aron dan matikan apinya. Proses pembuatan aron ini hanya berlangsung selama 10 menit.

 

4. Siapkan panci kukusan dan didihkan air

Selanjutnya, siapkan panci untuk mengukus dan didihkan airnya lalu aron siap dipindahkan ke panci kukusan dan masak hingga 25-30 menit. Buanglah daun salam dan serai saat mengukus nasi agar tidak memakan banyak sampah.

 

5. Setelah 25 menit matikanlah api

Setelah 25 menit dimasak, matikanlah api lalu buka tutup panci dan tiriskan air yang berada di bagian tutupnya dan keringkan tutupnya jangan sampai menetes ke bagian nasi yang sudah matang. Biarkan terlebih dahulu selama 10 menit. Nasi gurih siap dihidangkan!

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *